Amplang dan Jajanan Buah Tangan Kalimantan

Daerah Kalimantan kaya akan hasil laut. Ikan di sana berlimpah, demikian juga dengan kepiting, cumi-cumi dan hasil laut lainnya. Selain oleh-oleh berupa masakan kepiting, camilan yang khas dari mereka yaitu amplang dan kuku macan.

Amplang dan kuku macan sebenarnya dari segi rasa itu mirip-mirip. Yang membedakan hanya bentuknya. Amplang berbentuk lonjong, sedangkan kuku macan seperti kuku berukuran agak besar.

Aromanya khas hasil laut. Rasanya gurih dan renyah. Kini amplang tak hanya terbuat dari ikan tengiri, melainkan juga dari kepiting, ikan bandeng, dan cumi-cumi. Nah yang cumi-cumi itu beda karena warnanya hitam berkat tinta cumi-cumi. Oh ya ada juga dari rumput laut, tapi aku belum pernah mencobanya. Sedangkan kuku macan rata-rata terbuat dari ikan tengiri.

Harganya tak mahal. Sebungkusnya berkisar belasan ribu bergantung pada ukuran kemasan dan jenis bahan amplangnya.

Oh ya selain amplang dan kemplang juga ada olahan rumput laut. Ada dodol rumput laut yang teksturya rasanya lebih padat daripada yang biasa kutemui di Lombok. Adapula kerupuk rumput laut. Kerupuk rumput laut keju dan original. Rumput laut kering juga bisa dibawa untuk buah tangan. Tinggal dimasak dan jadilah agar-agar atau bahan campuran es campur.

Ikan bawis sebagai salah satu ikan yang biasa ditemui di Kalimantan juga diolah. Hasilnya ikan bawis kering yang enak dan gurih baik disantap biasa ataupun dimakan dengan nasi. Ada juga terasi udang dan terasi ikan.

Ya, Kalimantan kaya ikan. Demikian juga dengan Bontang. Di Bontang Koala juga terdapat lapak-lapak penjual ikan asin. Tinggal pilih jenis yang disukai. Apabila Kalian beli ikan asin mending ditaruh di bagasi ya karena kadang-kadang dilarang masuk ke kabin pesawat.

 

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada April 10, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: