Selai

Ada banyak cara untuk mengawetkan buah-buahan. Salah satunya dengan mengolahnya menjadi selai. Dengan ditambahkan gula dan proses pemasakan yang lama, maka buah-buahan yang telah dihaluskan itu pun berubah menjadi makanan baru yang sedap. Ia bisa dioleskan ke roti dan biskuit atau jadi bahan isian kue.

Yang populer adalah selai yang manis asam seperti selai nanas dan selai strawberry. Kemudian ada juga selai jeruk yang memiliki rasa khas, ada rasa getir dan sedikit pahitnya. Selai-selai buah impor pun kemudian juga masuk ke rak-rak supermarket seperti selai buah aprikot dan selai blueberry.

Selain rasa buah-buahan, lapisan untuk roti berasa manis, gurih, dan asin juga laku. Ada selai cokelat, selai keju dan juga selai kacang.

Nah, waktu ke Bali pasangan membawakan oleh-oleh selai homemade. Ada dua rasa, yaitu selai strawberry-pisang dan selai milk caramel.

Awalnya aku agak was-was rasa susu karamel bakal manis banget. Tapi rupanya manisnya pas. Adanya unsur karamel membuat rasa selainya jadi beda.

Sedangkan selai rasa strawberry pisang memiliki kombinasi rasa yang pas. Dua buah-buahan ini muncul tanpa ada rasa saling mengalahkan. Enak deh.

Indonesia Kaya Buah Sehingga Bisa Jadi Juara Selai
Tentang selai buah sebenarnya Indonesia bisa jadi juara. Sebab, Indonesia negara tropis yang kaya buah-buahan.

Selama ini ada banyak buah-buahan yang jarang dilirik sebagai selai. Yang mudah ditemui seperti mangga, apel, jambu merah, pepaya, dan melon. Wah kira-kira seperti apa ya rasanya?

Buah-buah lainnya yang juga berpotensi jadi selai di antaranya durian, nangka, rambutan, leci, asam Jawa, kedondong, buah naga, dan masih banyak lagi.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada April 16, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: