Ketombe Datang dan Pergi

Ketombe itu salah satu musuh rambut, bak penyakit dalam tanaman. Ia mudah datang dan juga bisa diusir pergi. Ketombe ini menjadi salah satu momok yang menyebalkan. Bikin rambut terasa gatal dan tidak enak dipandang.

Hidup di negara tropis itu membuat rambut harus ekstra perawatannya. Apalagi bagi mereka yang memiliki rambut panjang. Tantangan utamanya adalah rambut mudah lengket, kusam oleh matahari, dan juga ketombe

Ketombe yang berbentuk serpihan kulit berwarna putih itu bukanlah benda asing dari luar tubuh. Ia adalah sel kulit yang mati. Ketombe ini ada berbagai penyebabnya. Yang umum adalah kurang seimbangnya jumlah minyak dalam rambut, bisa kurang atau malah berlebihan. Ia juga bisa hadir karena jarang keramas atau malah terlalu sering keramas.

Selain itu ketombe juga bisa disebabkan karena perubahan cuaca, kekurangan vitamin B, jamur pada kulit kepala, dan juga faktor stress. Aku sendiri beberapa kali mengalaminya gara-gara yang nomor terakhir. Pada beberapa hari jelang ujian atau ketika banyak tugas maka ketombe itu muncul. Setelah acara itu selesai maka ketombe itu menghilang. Semakin aku stress dan belum mereda maka ketombe itu juga akan bertahan.

Oleh karena aku berketombe karena lebih banyak faktor stress maka solusinya adalah segera melepaskan diri dari faktor stress. Semakin tenang maka ketome akan pergi semakin cepat.

Tapi apabila ketombe karena perubahan cuaca atau faktor minyak maka biasanya aku menggunakan bantuan. Ya, shampo anti ketombe. Ada merk tertentu yang keras dan baunya tak enak. Tapi ia manjur untuk mengobati ketombe yang membandel. Jika ketombenya ringan maka biasanya aku cukup menggunakan jeruk nipis yang kuaplikasikan ke kulit kepala beberapa saat sebelum keramas.

Pada saat Ramadan tahun ini cuaca di Jakarta juga berubah-ubah. Pagi sampai siang panas menyengat, kemudian mendung dan berubah menjadi hujan deras. Cuaca yang berganti-ganti ini disukai oleh ketombe. Jadi siapkan jeruk nipis dan shampo anti ketombe untuk mengantisipasi kedatangan bercak putih yang menjengkelkan ini.

Gambar:pixabay

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Mei 12, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: