Tur Virtual AADC di Yogya, Kemana Saja?

ratu boko
Jumat malam, mba Ira, kembali mengajak jalan-jalan. Yuk jalan-jalan lagi, kali ini ke Yogyakarta. Karena temanya tentang film, maka ia mengajak ke tempat-tempat yang dikunjungi Cinta dan Rangga selama kencan.
Walaupun hanya bertemu secara singkat, rupanya mereka telah sempat berkunjung ke berbagai tempat, dari tempat makan hingga tempat-tempat ikonik seperti Gereja Ayam dan Ratu Boko.

Kali ini mba Ira dari Wisata Kreatif Jakarta melakukan start di Punthuk Setumbu baru ke Gereja Ayam. Sebenarnya bisa sebaliknya juga sih, karena lokasinya berdekatan, bisa ditempuh sekitar 20 menitan.

Punthuk Setumbu tak jauh dari Borobudur. Awalnya tempat ini hanya diketahui kalangan terbatas, biasanya penikmat fotografi. Mereka ingin tahu bagaimana caranya mendapatkan gambar Borobudur yang utuh dan nampak indah. Masyarakat setempat pun memberitahukannya. Para wisatawan kulit putih juga suka ke sini, mendapat info dari mereka. Lalu setelah dipopulerkan ke sini oleh Rangga maka alhasil tempat wisata ini menjadi membludak oleh turis lokal.

Setelah era AADC maka untuk ke sini jadinya perlu perjuangan untuk antri naik ke atas. Belum lagi antri foto-foto. Oh iya di sekelilingnya juga sudah muncul pernik-pernik untuk foto ala-ala instagramable. Hemmmm menurutku ini malah kurang cocok sih. Nuansa alaminya jadi pudar.

gereja ayam
Nasib yang sama juga menimpa pada Gereja Ayam. Sebenarnya bentuknya lebih mirip merpati. Gereja ini punya tujuh tingkat dan interior di dalamnya klasik. Pengunjung bisa naik sampai ke atas dan berfoto-foto di bagian tertingginya.

Setelah menikmati panorama alam Magelang, maka bisa kembali mengisi perut dulu atau sekalian ke Ratu Boko. Tapi pengalamanku ke sini, tempatnya agak panas. Asyiknya ke sini saat jelang matahari terbenam. Panoramanya indah. Lokasi Ratu Boko tak jauh dari Prambanan dan bandara Adi Sucipto.

Untuk tempat makan ada beberapa tempat yang dipopulerkan AADC2, di antara toko kue Artisan Bakery & Deli Via-vVa, tempat Cinta dan gengnya, membeli roti di sini. Di sini ada roti-roti dan donat gandum, es krim, dan masih banyak lagi. Kemudian ada tempat Rangga dan Cinta minum kopi di Klinik Kopi, juga tempat di mana Cinta marah-marah ke Rangga dan ketika mereka bersantap sate klathak.

toko kue via via
Sebenarnya masih banyak lagi tempat keduanya berkencan. Ada Padepokan Bagong Kusudiarjo juga tempat pertujnukan boneka Papermoon Puppet Theatre. Sejak era AADC 2, maka tempat-tempat tersebut menjadi populer dan diburu. Juga banyak muncul tur AADC yang digagas oleh kelompok-kelompok masyarakat setempat.

Oleh karena masa pandemi maka tur virtual bisa jadi alternatif. Ada banyak kisah dari pemandu wisatanya yang menarik dan detail. Biayanya juga terjangkau dan bisa dinikmati sambil rebahan hahaha. Seru juga sih dua kali ini ikutan tur virtual.

Gambar atas dokpri, lainnya dari google map

~ oleh dewipuspasari pada Juli 13, 2020.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: