Galak Gampil di Hari Fitri

ketupat

Kami sudah mengenakan baju baru, sholat Idul Fitri, dan bersalaman dengan orang tua, tetangga, dan saudara. Kini kami sudah siap menyambut anak-anak dari kampung berbeda yang datang untuk galak gampil. Apa sih galak gampil?

Galak gampil merujuk pada dua kata, galak dan gampil. Galak tetap galak, yaitu berwajah sangar dan mudah marah. Gampil artinya mudah. Maksudnya, pada saat hari raya Idul Fitri, mereka yang biasanya galak jadi lebih penyabar dan mudah memberi angpao hehehe.

Sekitar pukul 10 pagi atau kadang sore hari ada banyak anak-anak yang tidak kami kenal main ke rumah. Biasanya mereka mengucap salam dan berkata “ Lik, galak gampil”. Mereka biasanya datang berombongan bisa berlima hingga lebih. Mereka lalu mengajak bersalaman dan mengambil kue-kue. Setelah itu mereka menunggu. Jika tuan rumahnya tanggap, maka akan segera memberikan angpao berupa 100-500 perak, kalau saat ini menjadi 3ribu-10 ribu. Jika tidak segera diberi maka mereka akan sabar menunggu.

Kakak kedua pernah mengajak saya galak gampil bersama tetangga. Wah saya malu mengingatnya. Dimana kakak mengingatkan saya untuk berlaku sopan dan menunggu. Kami lalu segera pamit ketika mendapatkan uang. Saya ingat waktu itu mendapat 200 perak. Saya hanya ikut ke satu rumah dan tidak mau ikut-ikutan kakak lagi. Setelah beberapa saat kakak memamerkan uang galak gampilnya yang cukup banyak.

Jelang siang hari biasanya kami menuju pemakaman untuk mendoakan leluhur kami. Dan siang harinya kami biasanya suka membeli rujak atau bakso. Dan berakhirlah acara lebaran.

Saat ini kami gantian yang menyediakan angpao buat para keponakan dan anak-anak tetangga. Kami yang sibuk melayani saudara dan para tamu untuk santap siang. Dan siang harinya umumnya tamu sudah habis, dilanjutkan nanti sore dan malam hari baru tamu kembali bersilaturahmi.

Wah saya jadi kangen berlebaran di kampung halaman. Sayang tahun ini tidak bisa ke sana.

Selamat lebaran, selamat Idul Fitri.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juli 28, 2014.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: