Under The Shadow: Ketika Ketakutan Digiring Secara Perlahan

under the shadow

Apakah Kalian pernah menonton film horor berjudul The Babadook? Jika belum mungkin lain waktu akan kukisahkan film horor ini. Mengapa sih aku mengungkit The Babadook, padahal yang kubahas adalah film berlatar Iran tahun 80-an? Oleh karena film Under The Shadow ini intens filmnya mirip-mirip dengan film horor Australia tersebut, dimana penonton digiring secara perlahan akan suasana menyeramkan hingga Kalian benar-benar ketakutan. Yang ditakuti juga sama, pasangan ibu dan anak.

Apa jadinya jika suatu ketika Kalian menemukan situasi negara Kalian benar-benar berubah dan Kalian sulit beradaptasi pada perubahan tersebut? Itulah kiranya yang dirasakan oleh Shideh (Narges Rashidi) ketika revolusi Iran terjadi seiring dengan perang Iran-Irak. Ia sulit beradaptasi dan merasa frustasi. Ia masih suka bersembunyi-sembunyi berolah raga di rumah dengan menonton video aerobik Jane Fonda.

Frustasinya kembali hadir ketika ia gagal menyelesaikan studinya karena sempat ikut terlibat dalam demonstrasi. Sementara itu suaminya ditugaskan di daerah konflik. Suaminya memintanya untuk segera mengungsi ke rumah mertuanya, tapi ia enggan karena kurang cocok dengan keluarga suaminya dan ingin mandiri.

Namun situasi semakin tak terkendali. Sebuah rudal menerpa apartemen tempat Shideh dan putrinya, Dorsa (Avin Manshadi). Rudal itu menembus lantai di atas kamar Shideh dan membuat langit-langit kamarnya sedikit terkoyak. Untunglah rudal itu tak meledak. Namun rupanya ia membawa malapetaka lain.

under the shadow

Putrinya kehilangan bonekanya. Ia yakin bonekanya disembunyikan seseorang di lantai atas. Shideh juga merasa kesal bukan kepalang ketika menemukan videonya di tempat sampah dan pita kasetnya acak-acakan. Anak dan ibu itu saling menyalahkan, hingga tetangganya bercerita tentang sebuah mitos. Gangguan itu pun makin menjadi, sementara itu seluruh penghuni apartemen telah mengungsi hingga menyisahkan ibu dan anak tersebut. Sebenarnya apa yang terjadi?

Film horor ini menarik karena melibatkan situasi sosial politik Iran yang berubah dan dampaknya terhadap perempuan modern seperti Shideh. Ada banyak kritik sosial di sini dan menjadi konyol ketika Shideh dihadapkan pada hukum yang kurang berpihak pada perempuan, pada saat ia begitu ketakutan dan perlu bantuan.

Suasana mencekam dibangun secara perlahan. Tidak banyak penampakan, namun akan membuatmu merasa was-was dan begitu penasaran, siapakah? Dan apa maksud dari gangguan-gangguan tersebut? Hantukah, penyusup, ataukah makhluk ghaib lainnya?

Film ini jelas berbeda dengan horor yang lagi hits masa kini seperti Conjuring, Paranormal Activity atau The Insidous. Meskipun demikian film ini cukup berhasil menakut-nakuti dari sisi psikologis dan kemahiran akting ibu dan anak, juga suasana horor yang dibangun secara perlahan-lahan.

dorsa

Detail Film:
Judul : Under The Shadow
Sutradara : Babak Anvari
Pemeran : Narges Rashidi, Avin Manshadi, Bobby Naderi, Ray Haratian, Arash Marandi
Genre : Horor
Rating : 7,8/10
Gambar : IMDB

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Januari 2, 2017.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: