Saracen dan Calormen

Sejak beberapa waktu lalu berita diramaikan oleh kabar tentang tertangkapnya sindikat penyebar hoax dan ujaran kebencian yang bernama Saracen. Eh namanya kok gitu, pikirku. Bukankah itu sebutan dari pasukan Turki dan Arab ya selama perang salib?

Saracen memang disematkan kepada orang Arab sejak awal abad kegelapan oleh bangsa Eropa. Sebelumnya nama ini hanya digunakan untuk merujuk kepada orang Arab yang tinggal di padang pasir di wilayah bangsa Roman. Namun, sejak perang salib (1096-1291) Saracen digunakan untuk merujuk pasukan muslim, sedangkan templar digunakan untuk kesatria pada pasukan nasrani.

Tentang perang salib saya beropini peperangan ini bukan perang agama melainkan perang politis untuk memperebutkan hegemoni di kawasan suci Yerusalem. Perdagangan juga masih berjalan seperti pada umumnya dan hubungan kedua belah pihak di kalangan masyarakat sipil juga apa adanya.

Saracen dalam perang salin (sumber: pinterest)

Ah perang salib memang catatan buruk bagi sejarah. Tapi di tengah peperangan juga ada kisah tentang sikap kesatria antara pemimpin kedua belah pihak seperti yang terjadi di film “Kingdom of Heaven”. Dalam film ini bisa dilihat sikap kesatria antara Saladin, Raja Baldwin IV, dan kesatria bernama Balian of Ibelin yang lebih mendahulukan kepentingan rakyatnya dan berupaya memberikan solusi terbaik bagi Yerusalem untuk kedua umat. Kisah berlatar perang salib lainnya adalah “Robinhood (2010)”, “Robinhood: Prince of Thieves (1991)”, “Bram Stoker’s Draculla” dll.

Lantas siapakah Calormen?
Calormen adalah sebuah bangsa yang disebut-sebut dalam buku dongeng berjudul The Chronicle of Narnia. Selain Calormen yang sering disebut-sebut adalah bangsa raksasa seperti Jadis yang berasal dari Charn dan bangsa Telmarine yang kemudian pernah menguasai negeri Narnia.

Calormen mulai disebut-sebut dalam Narnia di buku “Kuda dan Anak Manusia”, ketika Ratu Susan dilamar oleh seorang pangeran dari bangsa Calormen. Susan nampak kurang suka dan hendak menampik lamaran secara halus. Sedangkan di tempat lain ada Sastha yang dibesarkan secara buruk oleh bangsa Calormen. Ia kabur bersama kudanya, Bree, yang bisa berbicara.

Kebiasaan menandu putri dalam bangsa Calormen (sumber: wikia Narnia)

Dalam perjalanannya ia bertemu putri bangsawan Calormen yang juga kabur. Mereka saling bertengkar meski kemudian juga berkawan akrab. Susan kemudian salah mengira Sastha sebagai Pangeran Corin dari negara sahabatnya. Kisah

Nah, dalam buku Narnia terakhir, Pertempuran Terakhir, Calormen kembali disebut-sebut. Bangsa Calormen berperang dahsyat dengan bangsa Narnia sehingga kemudian dunia Narnia hancur. Para bangsa Narnia dan Calormen yang memiliki kebaikan kemudian bisa mendiami Narnia baru yang merupakan analogi dari surga.

Di Narnia, Calormen digambarkan seperti bangsa Turki, juga dengan sepatu/sandalnya yang berujung lancip dan topinya yang khas. Diduga pertempuran terakhir terinspirasi dari perang salib dan bangsa Calormen yang dimaksud adalah Saracen. Namun, mereka tidak digambarkan semuanya buruk. Sebagian Calormen juga bersikap baik dan kesatria. Bahkan Sashta yang ternyata adalah saudara Pangeran Corin dan bernama Cor kemudian menikahi puteri bangsa Calormen, Aravis.

Pangeran Cor dan Putri Aravis pun kembali bertemu (sumber: wikia narnia)

Bangsa Saracen, Calormen semuanya sama seperti bangsa lain di dunia. Ada yang baik dan juga ada yang bersikap buruk. Namun rasanya kurang pas dan janggal jika nama ini digunakan untuk sindikat yang berperilaku buruk. Wah bangsa Saracen pasti tidak terima namanya digunakan untuk sindikat hoax. Jadi buruk deh namanya.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Agustus 27, 2017.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: