Berkeliling Nusantara dengan Oleh-oleh Indonesia Ala Omiyago

Bertukar bingkisan atau hantaran menjadi salah satu kebiasaan masyarakat Jepang. Dalam film kartun dan komik Jepang sering diperlihatkan bagaimana pelaku ceritanya memberikan atau menerima bingkisan. Omiyage, namanya, atau di sini disebut oleh-oleh. Bingkisan itu dikemas menawan sehingga yang menerima pun merasa dihargai dan senang.

Di Indonesia kebiasaan memberikan bingkisan juga ada. Biasanya bingkisan diberikan pada hari perayaan seperti peringatan ulang tahun, pernikahan, ketika melahirkan bayi dan sebagainya, dimana istilahnya disebut kado. Jika seseorang baru pulang dari acara jalan-jalan atau pulang ke kampung halaman maka biasanya mereka juga membawa bingkisan untuk dibagikan ke tetangga, kerabat, atau kawan-kawan kerja. Bingkisan ini disebut oleh-oleh dan wujudnya bisa apa saja. Bisa berupa kue, pakaian, gantungan kunci atau kartu pos, dan masih banyak lagi.

Kalian Suka Oleh-oleh Apa?
Mendapatkan ataupun membagikan oleh-oleh itu bagiku sama-sama menyenangkan. Saat aku membagikan oleh-oleh dari kampung halamanku aku ingin berbagi cerita tentang kota asalku. Sekalian bantu-bantu promosi lah. Jika UMKM di kotaku maju maka juga akan menggerakan roda perekonomian lainnya.

Di kota asalku, kota Malang, oleh-oleh pun beragam. Ada oleh-oleh berupa pakaian batik khas Malang, atribut penggemar klub sepak bola Arema, topeng khas Malang, buah-buahan seperti apel manalagi dan apel rome beauty, juga tentunya makanan.

Saya sendiri sebenarnya menyukai oleh-oleh berupa benda agar bisa disimpan atau digunakan. Namun, oleh-oleh berupa makanan juga tak kutampik.

Oleh-oleh berupa makanan juga paling sering kubawa dengan alasan praktis. Tentunya orang-orang juga penasaran bagaimana makanan khas di suatu daerah. Makanan dari daerah Indonesia Timur tentu berbeda dengan makanan daerah Indonesia bagian barat. Jajan dari dua kota yang berdekatan saja belum tentu sama.

Di Malang sendiri oleh-oleh makanannya beragam. Yang masih favorit adalah keripik tempe aneka rasa, brownies tempe, aneka keripik buah, dodol apel, cuka apel, brem apel, cokelat apel, sari apel dan pai apel. Ada juga oleh-oleh lainnya berupa pia, bakpau telo, kue waluh, kopi bubuk, dan masih banyak lagi.

Biasanya aku sengaja datang ke toko oleh-oleh untuk melihat perkembangan terbaru dari dunia makanan oleh-oleh. Ada beberapa yang populer dalam waktu sekejab tapi kemudian cepat menghilang. Hal ini dikarenakan konsep dan kisah di balik makanan oleh-oleh tersebut yang tak digarap dengan seksama.

Oleh-oleh Indonesia pun Naik Kelas dengan Kemasan Mewah
Apa yang ada dalam benakmu jika mendapatkan oleh-oleh yang dikemas mewah? Selain oleh-oleh tersebut menjadi naik kelas dan berkesan mewah, Kamu tentunya juga merasa lebih dihargai. Untuk itulah Omiyago memberikan jasa layan antar produk oleh-oleh yang premium kepada pengguna jasanya. Karena setiap orang tentu ingin dianggap spesial.

Oleh-oleh Indonesia di web Omiyago beragam, terutama berupa oleh-oleh khas daerah. Oleh-oleh Indonesia tersebut berasal dari pulau Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, Kalimantan, dan Sulawesi.  Jika selama ini ada kesan kue-kue camilan dari berbagai daerah itu ‘sederhana’ kini lebih elegan. Oh ya Omiyago memberikan cerita di setiap produk sehingga penerima akan mendapatkan tambahan wawasan juga lebih paham tentang makan dan kisah di balik makanan tersebut. Tentunya oleh-oleh dengan cerita akan membuat dang penerima bakal lebih terkesan.

Berbagai produk oleh-oleh Indonesia dari Omiyago (sumber: Omiyago)

Kamu juga bisa menggunakan jasa Omiyago jika rindu ingin mencobai makanan khas daerahmu atau ingin merasakan pesona kuliner daerah lainnya. Cara pesannya mudah bisa dilihat di video dari Omiyago berikut:

Dari Jawa Timur yang sedang populer adalah aneka sambal bawang dan camilan chrispy almond yang renyah. Yang bikin penasaran adalah jajanan dengan menggunakan lidah buaya (Aloe vera) khas pulau Kalimantan. Jika tetap penasaran dengan Kalimantan dan ingin mencobai langsung makanan daerah tersebut bisa sekalian ikut open trip bersama Ladita Tour ke Tanjung Puting bertemu dengan orang utan.

Oleh-oleh unik dari Kalimantan (sumber: Omiyago)

Open Trip ke Tanjung Puting Ladita Tour (sumber: Ladita Tour)

Oleh-oleh Indonesia memang beragam dan masing-masing memiliki cerita tersendiri. Dengan mencicipi aneka jajanan khas nusantara maka seolah-olah alam pikiran telah berkelana menyusuri berbagai penjuru Indonesia. Mana favoritmu?

Ket: Gambar cover dari Japan Info

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada September 18, 2017.

4 Tanggapan to “Berkeliling Nusantara dengan Oleh-oleh Indonesia Ala Omiyago”

  1. Bolehlah mba buat saya 1 oleh2nya. Hehehehehe

  2. Kalo ke Jawa Timur aku sukanya beli oleh-oleh keripik buah nangka mbak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: