Tips-Tips Agar Tetap Nyaman Bepergian dengan Kereta Ekonomi

Melakukan perjalanan darat antar kota itu perlu kendaraan yang nyaman. Saat ini kereta api merupakan alat transportasi yang bisa dibilang paling banyak disukai masyarakat. Selain karena terbebas dari kemacetan, peraturan baru yang melarang penjual asongan untuk masuk ke gerbong dan pembatasan jumlah penumpang berdiri menjadi alasan lain yang membuat alat transportasi ini kian digemari.

Asyiknya saat ini semua kelas kereta api kini juga sudah dilengkapi dengan AC, sehingga Kalian tak perlu kuatir kepanasan atau merasa pengap selama perjalanan, sekali pun memilih kelas ekonomi. Aku sendiri telah mencobai  kereta ekonomi seperti ketika melakukan perjalanan Jakarta menuju Jogjakarta dengan KA Jaka Tingkir.

Nah, agar perjalanan Kalian menggunakan kereta ekonomi semakin nyaman dan menyenangkan, berikut ini beberapa tips yang bisa Kalian coba.

  1. Pesan tiket secara online

Tak perlu lagi habis Subuh berdesakan di loket stasiun. Kalian kini bisa memesan tiket kereta api secara online, karena PT KAI sudah menyediakan platformnya. Selain melalui situs resmi PT KAI,  Kalian pun juga bisa pesan tiket kereta yang praktis di Traveloka. Mudah dan cepat.

Proses pemesanan tiket kereta api juga bisa dilakukan secara online

Situs booking online Traveloka ini memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan situs lain yang serupa. Apa saja? Dari pengalaman sih, harganya lebih terjangkau, banyak promo ada ada diskon menarik yang ditawarkan di waktu-waktu tertentu.

  1. Pilih tempat duduk yang berada tengah gerbong dan di sebelah jendela

Dengan memesan tiket kereta melalui situs booking online, maka Kalian bakal lebih leluasa untuk memilih tempat duduk yang Kalian inginkan. Nah, agar perjalanan Anda nyaman, sebaiknya pilih deretan tempat duduk yang berada di tengah gerbong dengan posisi di dekat jendela. Dengan begitu, Kalian tidak akan terganggu dengan suara rantai penghubung gerbong dan bisa menikmati pemandangan yang disuguhkan di luar kereta. Saya sendiri suka memotret sawah dan pemandangan unik lainnya, seperti aktivitas membersihkan kereta api. Seru dan bisa jadi artikel tersendiri.

Tempat duduk di sebelah jendela paling favorit (sumber: masbidin.net)

Dekat jendela bisa memotret panorama

  1. Datang ke stasiun lebih awal

Ada baiknya jika Kalian datang ke stasiun sekitar 1 jam sebelum jadwal keberangkatan, karena pintu masuk area keberangkatan biasanya sudah dibuka 45 menit sebelumnya. Sembari menunggu, Kalian bisa mencetak tiket kereta api secara mandiri di tempat percetakan tiket yang ada di lobi stasiun.

Setelah mencetak tiket, Kalian juga bisa memanfaatkan waktu menunggu dengan membeli bekal makanan atau barang-barang lain yang sekiranya diperlukan selama perjalanan, seperti misalnya air mineral, snack, serta obat-obatan. Sebelum berangkat, cek semua barang yang dibawa dan pastikan tidak ada satupun yang tertinggal di stasiun.

Datang ke Stasiun Lebih Awal lebih tentram (sumber: poskotanews.com)

Dengan datang lebih awal dan tidak mepet, Kalian tidak akan panik yang bisa membuat suasana hatimu memburuk. Dulu aku pernah menunggui teman yang datangnya lima menit sebelum berangkat. Astaga, rasanya ikut deg-degaan. Kawanku juga pernah lho ditinggal kereta karena terlambat sekian menit dan pintu kereta keburu ditutup. Nyesak kan?!

  1. Bawa bekal makanan dan minuman

Tidak seperti pesawat terbang,  Kalian diperbolehkan untuk membawa bekal makanan dan minuman saat melakukan perjalanan menggunakan kereta api. Jika perjalanan Kalian terbilang cukup jauh dan lama, maka tak ada salahnya jika Kalian membawa bekal makanan, camilan ringan seperti kacang-kacangan dan biskuit, serta air mineral.

Namun jika tidak ingin barang bawaan semakin berat karena membawa bekal dari rumah, Kalian juga bisa membelinya di restoran yang ada di kereta api. Tentunya dengan harga yang jauh lebih mahal daripada harga makanan di luar.

Bawa Bekal Makanan dan Minuman Lebih Hemat (sumber: tandapagar.com)

  1. Bawa bantal leher dan selimut

Kursi penumpang di kereta api kelas ekonomi berbeda dengan kursi penumpang kelas bisnis atau eksekutif. Kursi di kereta ekonomi teksturnya lebih keras dan sandarannya sangat tegak, sehingga kurang nyaman jika digunakan untuk duduk terlalu lama atau tiduran selama perjalanan.

Untuk mengakali hal ini, Kalian bisa membawa bantal leher sendiri dari rumah. Selain bantal leher, selimut juga sebaiknya Kalian bawa jika melakukan perjalanan malam. Namun, jika tidak ingin membawa selimut atau bantal sendiri dari rumah, Kalian juga bisa menyewa keduanya di dalam kereta api dengan harga sekitar R p5.000 sampai Rp10.000 saja. Jangan sampai terlalu hemat kemudian jadi kedinginan hehehe.

Bawa Bantal Leher dan Selimut Agar Lebih Nyaman (sumber: tehsusu.com)

  1. Berinteraksi dengan penumpang yang lain

Agar tidak jenuh selama perjalanan, Kalian bisa ngobrol dengan penumpang lain yang duduk di samping atau di depan Kalian. Buatlah topik obrolan yang seru supaya Kalian bisa mendapatkan teman bicara selama perjalanan. Namun, perhatikan juga situasi orang yang hendak diajak bicara, apakah mereka dengan senang hati membalas keramahan Anda atau sedang tidak ingin diganggu.

Nah waktu perjalanan panjang dari Jakarta ke Yogyakarta kebetulan aku mendapat kawan-kawan ngobrol yang asyik. Mereka ibu dan anak yang juga melancong seperti kami dengan bujet pas-pasan. Waktu ke Surabaya malah penuh ger geran karena ibu-ibu yang gemar bercanda. Ya akhirnya perjalanan berjam-jam tersebut jadi tidak terasa lama.

Berinteraksi Dengan Penumpang Bisa Mmebuat Perjalanan Lebih Berwarna (sumber: assets.kompas.com)

  1. Lakukan aktivitas pengusir jenuh

Perjalanan panjang di dalam kereta api tentu sangat membosankan jika Kalian tidak melakukan apa-apa. Karenanya, lakukanlah kegiatan atau aktivitas kesukaan yang dapat membuat dirimu tetap nyaman dan tidak merasa bosan. Misalnya jika suka membaca, bawalah buku bacaan atau novel sebagai teman perjalanan.

Jika hobi mendengarkan musik atau menonton film, Kalian bisa menyiapkan playlist lagu dan film untuk dinikmati di dalam kereta. Jika duduk di samping jendela,  Kalian pun juga bisa melihat pemandangan-pemandangan indah yang disuguhkan selama perjalanan sambil mengabadikannya ke dalam jepretan foto. Intinya, buatlah diri Kalian nyaman dengan aktivitas yang Kalian sukai agar tidak merasa jenuh. Kalau aku sih suka motret-motret panorama lewat jendela. Jika bosan baru deh nyanyi pelan mengikuti lagu di ipod.

Bermain games bisa mengusir jenuh (sumber: pexels)

Itulah beberapa tips agar perjalanan Kalian menggunakan kereta api ekonomi tetap nyaman dan menyenangkan. Semoga bermanfaat!

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Oktober 21, 2017.

4 Tanggapan to “Tips-Tips Agar Tetap Nyaman Bepergian dengan Kereta Ekonomi”

  1. Yang nggak enak dari kereta ekonomi JKT-SMG adalah, tempat duduknya yang mau tidak mau berhadap hadapan dgn penumpang lain 😦 berbagi Tempat jatah kaki, mau ini itu juga agak malu karena terlihat langsung. Hiks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: