Tips Mencari Ide Menulis dari Rutinitas

Buntu nih, nggak punya ide menulis organik. Kalian mungkin pernah dengar kawan-kawan Kalian mengeluhkan hal tersebut. Padahal menulis organik itu lebih mudah dibandingkan menulis dengan tema tertentu karena idenya yang bisa lahir dari mana saja. Ide menulis organik juga bisa lahir dari rutinitas lho. Seperti apakah?

Mendengar kata rutinitas mungkin yang terbesit di benak adalah kebosanan, monoton, dan itu-itu saja. Rutinitasku adalah berangkat ke kantor, kemudian melakukan analisa ini itu, pulang, bertemu dengan kucing-kucing, merapikan rumah, dan sebagainya.

Kalau membaca rutinitasku di atas Kalian bakal bertanya-tanya kok aku bisa betah ya tiap hari seperti itu? Hehehe. Percayalah di balik rutinitas itu ada hal-hal menarik. Siapa tahu saat melewati jalan tertentu ada sebuah tempat makan yang kece baru dibuka. Kemudian siapa tahu bertemu calon klien yang seperti tokoh manga dan sebagainya. Rutinitas Kalian yang Kalian anggap membosankan juga bisa jadi menarik bagi lainnya. Jadi yakinlah hidup Kalian itu indah dan kalian baik-baik saja menjalani hidup ini.

Lantas bagaimana menemukan ide dari rutinitas ini? Banyak berlatih akan membuat Anda mahir. Pernah atau sering dengar kan quote tersebut.

Misalkan Kalian rutin melakukan analisa tentang kebutuhan TI sebuah perusahaan maka Kalian kemudian bisa bercerita dengan bahasa sederhana yang mudah dimengerti apa tujuan Kalian melakukan analisa tersebut, apa kegunaannya bagi klien Kalian dan bagaimana Kalian melakukannya. Percayalah ilmu seperti ini belum banyak dan akan sangat berguna.

Contoh lainnya Kalian sering mengolah ikan tengiri jadi empek-empek. Begitu seringnya sehingga Kalian menganggap pekerjaan ini sangat mudah. Kalian tahu tepat berapa perbandingan ikan dan tepungnya sehingga kenyalnya pas. Maka berceritalah,seperti apa perjumpaan Kalian dengan pempek. Apa bahan ikan lainnya yang cocok dibuat pempek selain ikan tengiri. Bagaimana tips dan trik membuatnya dan sebagainya.

Siapa tahu dalam perjalanan pulang dan pergi ke kantor Kalian punya kedai kopi favorit? Yang murah dan punya jajanan pendamping enak juga jarang diketahui orang.

Kalian juga bisa menulis sosok di tempat kerja Kalian yang di bawah radar yang memberikan inspirasi ke Kalian. Dia seorang satpam tapi kejujuran dan dedikasinya membuat Kalian salut dan hormat.

Banyak kan hal-hal menarik yang bisa dijadikan ide menulis dari keseharian. Yuk mulailah bereksplorasi tentang rutinitas Kalian dan berceritalah:)

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Mei 15, 2018.

7 Tanggapan to “Tips Mencari Ide Menulis dari Rutinitas”

  1. Tips yg bagus.. seperti kendala menulis yg saya alami.. awalnya tulisan organik tp banyak yang ahirnya jadi sumber pendapatan dari iklan hehehe

  2. menulis organik itu apa mbak?

  3. Wah makasih nih tipsnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: