Cerita Pendek Neil Gaiman “Other People” tentang Neraka

Neil Gaiman memiliki banyak karya yang populer. Beberapa di antaranya diangkat ke layar lebar seperti “Stardust” dan “Coraline”. Cerita-ceritanya rata-rata berupa kisah fantasi dan cerita yang mengandung misteri juga sesuatu yang absurd. Semalam aku menemukan karyanya berupa cerita pendek berjudul “Other People”.

Cerita ini membuatku antara ngeri dan merasa sesak nafas. Ia berlatar di neraka dengan mempertemukan dua makhluk, manusia dan demon. Demon ini adalah penjaga ruangan orang-orang yang telah meninggal dan akan disiksa atas perbuatannya.

Pria yang baru meninggal itu nampak dari kalangan berada. Ia melakukan banyak kesalahan. Si Demon berkata waktu di sini cair, berbeda antara waktu di alam siksa dan alam di dunia. Maka nikmatilah siksaan ini.

Ketika si Demon hendak melakukan tugasnya, si pria mulai ketakutan. Ia melihat daftar perbuatannya begitu panjang. Dan ia mulai berteriak. Ia ingat pernah melakukan perselingkuhan. Ketika hukuman berikutnya jauh lebih menyiksa, ia kembali diingatkan akan setiap dosa-dosanya. Rasanya setiap kali hukuman digelontorkan, semakin buruk.

Ia tak lagi ingat waktu. Ia berpikir-pikir apakah ia akan selamanya di ruangan penyiksaan ini.

Hingga suatu ketika hukuman itu berakhir. Ia sendirian. Seribu tahun atau lebih mungkin telah terlewati sejak kali pertama ia memasuki ruangan ini.

Ia melihat sebuah pintu dan kemudian ia mendengar sesuatu. Ada seorang pria dengan baju mahal memasuki ruangannya. Ketika ia melihatnya, ia langsung paham. “Time is fluid here,” ujarnya ke orang baru tersebut.

Aku tertegun. Perasaan ini hampir sama ketika aku membaca “The Egg” yang membahas tentang dialog antara orang yang baru meninggal dan Tuhan-nya. Ceritanya membuatku tertegun (ulasan di sini). Kebetulan aku membaca kedua cerita ini hampir berurutan.

Setelah membaca “Other People” aku berpikir keras, apakah si pria yang telah disiksa itu berubah menjadi Demon? Apa yang telah terjadi dengan Demon sebelumnya, apakah ia telah bebas dan kemudian kembali ke dunia atau ke surga?

Ceritanya memang merupakan kisah fiksi yang kaya imajinasi.

Gambar dari pixabay

~ oleh dewipuspasari pada April 19, 2020.

2 Tanggapan to “Cerita Pendek Neil Gaiman “Other People” tentang Neraka”

  1. Jean paul sartre pernah membuat naskah drama, yang di dalamnya ada kalimat Hell is other people.. kira2 ada hubungannya gak.. ya?

    • Beda sih, meski ada kata-kata hell dan other people. Kalau yang dimaksud Sartre menurutku pendapat seseorang tentang diri kita bisa jadi sesuatu yang ibarat neraka bagi diri kita, misalnya kita dapat komentar yang buruk, caci-maki, dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: