Hanya Aku dan Buku


Pukul 22.00 lewat. Aku sudah menulis harianku. Mataku belum bisa kupejamkan meski sayu. Kubolak-balik tumpukan buku baru, mencari-cari yang sesuai dengan suasana hatiku. Cerita horor seru? Ah jangan nanti aku malah mimpi buruk.
Aku memilih buku A.A Navis yang kondang dengan “Rubuhnya Surau Kami”. Buku itu sudah kubaca masa SMP, garis besar ceritanya masih kuingat, tentang seorang kakek penjaga surau yang meninggal dengan cara tragis. Oh cerita ini hampir sama dengan yang terjadi pada tetanggaku dan membuat gempar kampung kami. 

Buku yang di tanganku berjudul “Jodoh”. Ia merupakan kumpulan cerpen. Tema utamanya tentang jodoh dan pernikahan. Ada 10 cerita, 9 cerita bertema dan satu lainya tentang sosok ibunda.

Ceritanya sebagian pahit. Yang kusuka dari cerpen ini ia realistis dan karakter wanitanya menunjukkan emansipasi. Ia bukan wanita lemah yang pasrah dengan nasib. Unsur kedaerahannya, Minang juga membayangi.

Buku lainnya juga kutuntas kubaca. Cerita tentang “Gadis Daun Jeruk” dan “Celoteh Mas Slamet”. Buku yang pertama mengecewakan. Ia hanya unggul di ilustrasinya yang juara. Cerita kedua garing tapi bisa bikin aku tertawa. Seperti guyonan ala Pidi Baiq yang ala kadarnya. Garing tapi beda.

Selama hampir dua jam aku membaca. Lalu aku ingat nanti harus bangun untuk sahur dan menyiapkan makanan. Ah aku kemudian malah mimpi buruk padahal bukunya jauh dari seram. Jam baru menunjukkan pukul dua. Aku takut mimpiku bersambung jika aku kembali terlelap. Tak lama mata aku kembali mengarungi bawah sadar hingga alarm membahana.

~ oleh dewipuspasari pada Mei 5, 2020.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: