Sebelas Pertanyaan dan Liebster Award

Hari ini hujan deras dan langit yang mendung seharian bikin aku malas. Aku baru menulis satu tulisan dan kemudian enggah menyentuh gawai, detokslah beberapa jam hingga aku tidak tahan dan membaca cerita seram. Baru kemudian aku membaca komentar mba Ami Jasmine tentang nominasi Liebster Award.
Aku tak paham dengan cara kerjanya. Dari yang kubaca di blog mba Ami, yang mendapatkan nominasi harus menjawab 11 pertanyaan dan menominasikan 11 blog. Wah ini seperti surat berantai, tapi menarik juga akan kucoba untuk menjawabnya.

Berikut sebelas pertanyaan dari mba Ami juga jawabanku di bawahnya:
1  Siapa nama lengkap kamu dan apa artinya?
Nama lengkapku Dewi Puspasari artinya hana no ko atau sosok peri bunga. Dulu memang ada tambahan rr alias roro dari pihak ayah, tapi kemudian dihilangkan karena jaman juga sudah berubah. Jika dirunut ternyata nenek moyang ada kaitan dengan Sumedang dan Pajajaran. Mungkin itulah yang menyebabkan aku suka akan sejarah dan budaya karena memiliki darah campuran Sunda dan Jawa.

2  Siapa artis paling ganteng menurut kamu?
Aku suka sosok aktor yang matanya seperti elang seperti Christian Slater, Josh Hartnett, Keanu Reeves, juga Brad Renfro dan Nicholas Saputra waktu masih remaja. Yang paling ganteng tetap om Keanu Reeves baik saat muda maupun saat ia menua sekarang.


3 Apakah kamu suka pelajaran matematika? jika suka apa alasannya dan jika tidak suka sebutkan juga alasannya?
Aku sangat suka akan matematika. Aku suka mempelajari pola. Menurutku setiap kehidupan ada pola dan mengandung rumus matematika. Nilai matematikaku hampir selalu bagus.

Karena matematika aku juga suka akan informatika. Matematika menurutku juga ada kaitannya dengan musik. Dulu aku jarang belajar saat ujian matematika. Baru ketika SMA dan mulai sulit aku baru belajar matematika.

4  Apa warna favorit dan sebutkan alasannya?
Aku suka warna merah dan hitam. Merah membuatku bersemangat dan hitam seperti sesuatu yang dalam dan hal yang bersifat misterius.

5  Jika sedang patah hati apa yang kamu lakukan?
Menangis. Aku pernah menangis setiap hari selama dua bulan ketika berpisah dengan seseorang, sembari mendengar lagu-lagu sedih dan merasa merana sendiri. Sisi positifnya aku jadi workaholic pada masa-masa itu karena ingin cepat move on.

6  Kira kira Presiden RI ke-8 siapa?
Tahun 2024 ya. Siapa ya? Berharapnya Pak Mahfud MD karena Beliau cerdas dan bijak. Tapi siapa tahu dalam kurun waktu tersebut ada sosok-sosok lain yang memiliki kompetensi sebagai seorang pemimpin.

7  Kira kira kapan virus Corona berlalu dan sebutkan analisamu?
Jika sebagian masyarakat masih bersikap seperti ini, seperti memadati jalanan ketika waktu ngabuburit dan tidak menggunakan masker maka bisa jadi hingga bulan enam Indonesia belum bisa bersih 100 persen dari Covid-19.

Tapi kita terus berikhtiar dan berdoa saja karena doa bersama akan membuat energi positif tervibrasi dan siapa tahu akan mengetuk pintu langit. Mungkin ada alasan lain (yang sulit dipahami) sehingga musibah itu datang dan akan ada sesuatu yang ‘besar’ juga yang membantu pandemi ini berakhir. Ini hanya analisa sebatas orang awam.

8  Jika kamu bertemu Ferdian Paleka apa yang akan kamu lakukan?
Entahlah. Aku marah melihat video-videonya. Bukan hanya satu video yang kontennya tak bermoral, tapi banyak video (aku random melihat judulnya tapi enggan melihat kontennya).

Tapi aku merasa kasihan ia mendapat balasan yang ‘seram’ di penjara. Seharusnya koruptor dan orang-orang yang menggadaikan bangsanya demi keuntungan diri dan kelompoknya yang lebih patut diperlakukan seperti itu.

Entahlah mungkin ia memang jahat tapi jahatnya lebih ke sisi moral dan mentalnya yang tak matang di mana bisa karena salah pergaulan. Siapa tahu ia masih bisa berubah, misalkan dengan kewajiban bekerja di yayasan sosial dan meminta maaf satu-persatu ke orang-orang yang disakitinya.

9  Jika kamu dapat undian 2M duitnya buat apa?
Mungkin kuendapkan dulu di bank sambil berpikir apa yang akan kulakukan dengan uang sebesar itu. Uang Rp 2 Miliar mungkin tak cukup untuk membiayai keinginanku membuat semacam perpustakaan umum dan ruang serbaguna yang bisa digunakan orang-orang untuk belajar di ruangan tersebut.

Tapi uang tersebut masih bisa digunakan untuk:
a. Memberikan beasiswa ke anak-anak yang punya semangat bersekolah (tidak harus pintar) termasuk memberikan donasi ke sekolah buat anak-anak rimba.
b. Membantu membiayai orang-orang yang punya ide besar untuk mengubah lingkungannya. Misalkan ia akan membuat semacam sumur umum sehingga warga di desanya tak perlu harus mengambil air dengan berjalan jauh.
c. Membantu panti jompo dan janda-janda tua yang masih bekerja keras untuk membiayai hidupnya.
d. Menyumbang buku dan mendongeng untuk anak-anak di panti asuhan
e. Membantu membersihkan sungai dan mendukung LSM yang berjuang menjaga sumber air agar air bersih tak habis dikomersialisasi.
f. Berdonasi untuk kebersihan laut dan para hewan

g. Berupaya membantu agar pekerja keliling seperti penjual kasur dan penjual tiang jemuran bisa mendapatkan pekerjaan atau cara berjualan yang lebih layak. Kasihan melihatnya lelah berkeliling dan belum tentu laku setiap hari. Padahal mereka orang yang hebat dan ulet.
h. Setelah sekian persen untuk berdonasi aku juga ingin melakukan sesuatu untuk diriku sendiri. Jalan-jalan pastinya menyenangkan. Aku ingin banyak berlibur ke daerah-daerah menarik di penjuru nusantara, juga menikmati kekayaan budayanya. Keliling dunia juga nampaknya menyenangkan. Bisa menambah wawasan.
i. Membeli buku yang kuinginkan
j. Merenovasi rumah, menatanya agar nyaman
k. Makan enak hehehe
l. Memberi kado buat kedua orang tua, pasangan, dan keluarga lainnya
m. Memanjakan kucing-kucing
n. Selebihnya ditabung dulu dan jika sudah agak banyak lagi baru siklusnya berputar dari a-n.
o. Jika punya perpustakaan umum tak kesampaian atau tak diminati, maka aku bikin untuk diriku sendiri hehehe.

10  Negara mana yang ingin dikunjungi?
Negeri yang dilalui kereta Trans Siberia. Aku penasaran seperti apa rasanya naik kereta Trans Siberia lalu ke Rusia, Mongolia, dan siapa tahu berjumpa salju dan serigala.


11  Buku apa yang ingin dibaca dan sebutkan alasannya?
Banyak. Buku-buku Eva Ibbotson tentang kisah fantasi dan supranatural yang menarik dan kocak. Buku Dinotopia yang belum kupunyai karena penulisnya super jenius.

Tiga tulisan rekomendasi apa ya. Tiap tulisanku menurutku berharga karena melalui proses kreatif, menurutku sendiri hehehe. Mungkin tiga tulisan ini agak mewakiliku:
1. Cerita bersambung Dara dan Pria Sepi
Dimulai di sini


2. Nirvana

3. Film animasi “5 cm Per Second”

Untuk nominasi sebelas blog dan pertanyaan sebelas dariku kubuat besok saja ya.

Gambar dari vectorstock dan quora

~ oleh dewipuspasari pada Mei 10, 2020.

4 Tanggapan to “Sebelas Pertanyaan dan Liebster Award”

  1. Ah kak dewiii, postingannya membuatku bisa mengambil beberapa inspirasiii. Btwww tapi kenapa ada ferdiannya juga hahaha buku-bukunya juga belum ku baca nih, masuk list rekomendasi nih

  2. terima kasih mba Dewi. Ternyata kamu masih bijak mengenai Ferdian Paleka, kirain mau caci maki dia seperti netizen, hehehe.

    • Aku nggak tega lihat kondisi ia saat ini meski ada yang menyebut hukuman ini pantas untuknya. Menurutku ia dan kawan-kawannya lebih perlu diarahkan cara menghargai sesama dan belajar bagaimana susahnya mencari uang. Hukuman bekerja di panti sosial bisa jadi lebih pas untuknya. Selain itu akun Youtube dan kontennya mending dihapus. Percuma kalau ia dihukum tapi kontennya masih ada.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: