Makanan yang Perlu Dicobai di Lombok

Camera 360

Lombok memiliki banyak makanan khas yang asyik untuk dicobai ketika berlibur di sana. Ada ayam pedas taliwang yang terkenal. Ada juga sate balenyak yang unik. Dan ada pula plecing kangkung yang segar. Yang mana favorit Anda? Yuk berwisata kuliner

Sate Bulayak

Ketika kami berkendara dari Ampenan menuju bandara di Praya, teman saya mengajak singgah untuk makan siang. Ada tempat yang menyajikan sate khas masyarakat Lombok. Sate bulayak, namanya. Lokasi penjaja sate jenis ini terletak di Suranadi, tak jauh dari sebuah pura Suranadi yang terkenal.

sate bulayak

Di sini ada banyak penjaja sate bulayak. Umumnya penjualnya adalah kaum ibu yang ditemani putra putrinya. Dengan sopan mereka menawarkan makanan buatan mereka.

Bila Anda tertarik untuk mecobanya, maka sate itu akan dimasak di depan Anda. Sate bulayak itu sate dengan bumbu yang khas dengan disantap bersama lontong yang dibungkus dengan daun enau mirip kue celorot. Lontongnya lebih halus dengan porsi mungil, tidak seperti ukuran lontong pada umumnya. Satenya sendiri bisa memilih, ada sate ayam, sapi, jerohan, atau campur.

Sate dengan ukuran mungil ini dibakar di atas arang, kemudian disajikan dengan bumbu satenya yang berwarna jingga. Jika dirasakan seperti ada rasa cabe merah, bawang putih, bawang merah, ketumbar, dan bumbu lainnya. Cita rasa kaya rempah ini membuat lidah bergoyang. Harga seporsinya berkisar Rp 10 ribu.

 

Plecing Kangkung

Awalnya saya mengira plecing kangkung itu tak jauh berbeda dengan tumis kangkung. Eh rupanya benar-benar berbeda terutama dari segi penyajiannya.

Plecing kangkung ini cara membuatnya relatif mudah sehingga banyak dihidangkan di rumah-rumah untuk sayur dan teman nasi. Ibu teman saya memasakkan plecing kangkung untuk hidangan makan siang kami pada hari sebelumnya. Dan saya menyukainya.

Camera 360Camera 360

Camera 360

 

Jika di Jawa, plecing kangkung itu mirip urap-urap. Yaitu, kangkung, kacang panjang, dan tauge rebus dengan urap dari kelapa. Yang membedakan, urap di sini dicampur dengan sambal uleg yang pedas. Umumnya menggunakan 10-15 cabe rawit. Pedas? Tidak juga. Rasanya gurih berkat kelapa, dan pedas manis dari sambal, serta rasa segar dari sayuran. Disantap dengan ikan goreng yang gurih dan nasi hangat, rasanya sungguh nikmat. Malam harinya, oma menyajikan menu serupa namun ikan goreng diganti dengan ikan teri. Rasanya juga tak kalah nikmat.

 

Ayam Taliwang

Makanan paling terkenal dari Lombok ini berbahan utama ayam dan cabe sehingga dikenal memiliki rasa pedas yang menggugah selera. Ayam yang dimasak dengan bumbu cabe, bawang putih, bawang merah, gula merah, dan beragam bumbu lainnya ini bisa dipilih apakah dibakar atau digoreng. Saya pernah mencobanya pada kunjungan ke Lombok sebelumnya dan sangat menyukainya.

ayam taliwang

 

Dodol Rumput Laut

Karena memiliki rumput laut yang berlimpah dan berkualitas tinggi, maka industri makanan berbasis rumput laut tumbuh subur. Rumput laut itu diolah menjadi dodol dan manisan rumput laut. Dulu cuma ada rasa original atau rumput laut biasa, kini variannya semakin beragam, ada rasa jagung, tomat, dan buah-buahan lainnya. Favorit saya dodol rumput laut rasa tomat karena rasanya mirip kismis, asam-asam enak. Dodol rumput laut ini cukup tahan lama dan biasanya sudah dalam bentuk kemasan sehingga cocok buat buah tangan.

Camera 360

Sumber Gambar:

Ayam Taliwang: http://tourismnews.co.id/category/food-resto/ayam-taliwang-dan-plecing-kangkung-pusaka-kuliner-khas-lombok

Sate Bulayak : http://news.liputan6.com/read/771090/keunikan-rasa-sate-bulayak-khas-lombok-ntb

~ oleh dewipuspasari pada Oktober 30, 2014.

4 Tanggapan to “Makanan yang Perlu Dicobai di Lombok”

  1. Kangen ayam taliwaang…

  2. mmmm, enak semua kelihatannya 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: