The Grant Budapest Hotel : Kisah Pelarian yang Kocak

grand budapest

Sejak film berawal saya sudah suka dengan gaya berceritanya. Agak komikal seperti Moonrise Kingdom. Setting-nya pun juga luar biasa. Yang paling kocak adalah kisah pelarian Gustave dan Moustafa. Sebuah kisah tentang kesetiaan dan persahabatan.

Cerita Grand Budapest Hotel seperti bawang merah. Di lapisan luar ketika dibuka ada lapisan lagi di bawahnya begitu seterusnya hingga ke lapisan terakhir, inti cerita.

Kisah ini dibuka dari seorang gadis yang mengunjungi makam dari penulis buku. Seorang penulis tentang kisah sebuah hotel yang sangat berkesan baginya. Penulis ini mengawali proses kreatifnya pada tahun 1985 dimana 17 tahun sebelumnya ia sempat mengunjungi hotel bernama The Grand Budapest yang terletak Republik Zubrowka, Eropa Tengah.

Hotel ini sangat besar dan berada di pegunungan. Namun, pengunjung hotel ini mulai sepi. Hanya segelintir pengunjung membuat hotel yang besar ini nampak sunyi dan pengunjungnya saling mengenali.

grand2

Suatu saat penulis (Jude Law) melihat seorang tamu yang berbeda di lobi. Tamu yang sudah tua namun tampak terpelajar dan elegan. Ia bertanya siapa tamu itu ke Jane, resepsionis, dan rupanya ia adalah Zero Moustafa, pemilik hotel tersebut. Yang setiap datang ke hotel ini selalu memilih kamar sempit dengan kamar mandi di luar.

Melihat raut penasaran pada wajah penulis, Moustafa mengundangnya untuk bersantap bersama. Ia pun bercerita tentang sejarah Grand Budapest Hotel, tentang Tuan Gustave, manajer hotel, kisah pelariannya bersama Tuan Gustave (Ralph Fienes) yang ia hormati, juga kisah romansanya bersama Agatha (Saoirse Ronan).

Pelariannya bersama Gustave diawali sebuah peristiwa yang terjadi tahun 1932, dimana perang mulai merambah kawasan Eropa Tengah. Seorang tamu hotel yang juga sahabat Gustave, Madame D (Tilda Swinton) ditemukan tewas. Gustave merasa sedih karena Madame D adalah pelanggan hotel yang dihormatinya. Ia pun mengajak Mousstafa untuk ikut serta menunjukkan penghormatan terakhirnya.

Rupanya ia mendapat warisan sebuah lukisan yang berharga. Anak dan kerabat Madame D pun marah. Dan Gustave mendapat nasib malang karena dituduh membunuh Madame D. Ia pun bersama Moustafa kemudian berupaya melarikan diri dan membersihkan namanya.

mustava dan gustave

Hotel Grand Budapest ini memang kocak dan agak absurd. Tema-tema semacam ini memang sesuai dengan Wes Anderson yang sebelumnya sukses dengan Moonrise Kingdom. Bahkan gaya bercerita dan klimaksnya mirip-mirip, tapi tetap menarik.

Film ini bertaburan aktor dan aktris kawakan dengan magnet utama aktor Inggris, Ralph Fiennes, sebagai Tuan Gustave, yang perhatian terhadap tamu dan para stafnya. Kehadiran Tilda Swinton yang sekilas sebagai Madame D juga memberikan warna pada film ini.

Ada beberapa aktor dan aktris di sini yang sering muncul di film yang disutradai Wes Anderson seperti Bill Muray, Edward Norton, Tilda Swinton, dan Owen Wilson meski porsi mereka di film ini tidak banyak. Nepotisme di industri perfilman Hollywood memang bukan sesuatu yang baru, saya menganggap hal tersebut masih wajar karena sutradara memerlukan aktor dan aktris yang mampu berakting dan menerjemahkan keinginannnya.

Panorama di film ini sangat memanjakan mata. Hotel Grand Budapest yang terinspirasi dari hotel-hotel mewah di Eropa memang sangat megah sekaligus unik menilik dari lokasinya yang terpencil di pegunungan.

Selebihnya film komedi ini sangat menghibur dan mengundang tawa. Tidak perlu terlalu berkerut memikirkan penyelesaian konfliknya. Nikmati saja dan tertawalah:)

Detail Film:
Judul : The Grand Budapest Hotel
Sutradara :Wes Anderson
Pemain : Ralph Fiennes, Adrien Brody, Willem Dafoe, Jeff Goldblum, Jude Law, Bill Murray, Edward Norton, Saoirse Ronan, Tilda Swinton, Tom Wilkinson, Owen Wilson, dan Tony Revolori
Rating : 8,5/10

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada April 17, 2015.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: